Ledakan yang terjadi di intake umumnya terjadi akibat campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna karena terlalu ‘kurus’ / lean / miskin , akibatnya saat valve (klep) exhaust membuka untuk proses pembuangan, panasnya membakar bensin yang tidak bisa/lambat terbakar, ketika panas itu mulai membakar bensin secara bersamaan valve intake membuka untuk proses hisap menyalurkan campuran bensin dan udara baru, hasilnya terjadilah ledakan yang apinya bisa menyulut menyebar sampai ke filter udara dalam sekejap.
Terjadinya ledakan pada jalur gas buang / exhaust backfire terjadi akibat bensin yang tidak terbakar di ruang bakar, baru terbakar setelah dibuang ke exhaust manifold (jalur knalpot) yang sangat panas atau exhaust backfire bisa juga disebabkan oleh timing pengapian yang salah/terlambat sehingga bensin dan udara belum sempat dibakar tetapi sudah dibuang ke exhaust yang sangat panas sehingga ledakan terjadi di knalpot.
Dampak dari terjadinya backfire diantaranya: kehilangan tenaga mesin, boros BBM, dan komponen mesin dapat bermasalah seperti: selang/hose intake sobek, knalpot bocor, dan filter udara dapat sobek/hancur. Oleh karna itu , cobalah untuk membersihkan bagian fuel injector secara berkala menggunakan mesin ultrasonic fuel injector cleaner yang berada di bengkel agar mesin kembali halus dan bertenaga saat dijalankan.
Source: VMH/TA Otopedia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar